Tuesday, October 27, 2009

SAPI

Sapi berasal dari famili bovidae, seperti bison banteng dan anoa. Domestikasi mulai dilakukan sekitar 400 tahun SM. Sapi diperkirakan berasal dari Asia Tengah, kemudian menyebar ke Eropa, Afrika dan seluruh wilayah asia. Menjelang akhir abad ke-19, sapi ongole dari India masuk pulau sSumba dan sejak saat itu pulau tersebut dijadikan tempat pembiakan sapi ongole murni. Pada tahun 1957 dilakukan perbaikan mutu genetik sapi Madura dengan menyilangkannya dengan sapi Red Deen. Persilangan lain yaitu antara sapi lokal(peranakan ongole) dengan sapi perah Frisian Holstein (FH) guna memperoleh sapi perah jenis baru yang sesuai dengan iklim dan kondisi di Indonesia. Yang kemudian dikenal dengan sapi PFH.

Sentra peternakan sapi di dunia ada di negara eropa (skotlandia, inggris, denmark, Perancis, Switzerland, Belanda), Italia, Amerika, Australia, Afrika dan di asia ( India dan Pakistan.

Secara garis besar, bangsa-bangsa sapi (Bos) yang terdapat di dunia ada dua yaitu (1) kelompok yang berasal dari sapi Zebu (Bos indicus) atau jenis sapi yang berpunuk, yang berasal dan tersebar di daerah tropis. (2) kelompok dari Bos primigenius, yang tersebar di daerah sub tropis atau lebih dikenal dengan Bos Taurus.

Manfaat peternakan sapi menghasilkan daging sebagai sumber protein, susu, kulit yang dimanfaatkan untuk industri dan pupuk kandang sebagai salah satu sumber pupuk organik untuk pertanian.

No comments:

Post a Comment

please leave a comment